Rencana Skripsi
RENCANA SKRIPSI
Nama
: Rizki Mochammad Suhariadi
NIM
: 01215090
TUJUAN DAN FENOMENA (nb.bukantujuanpeneltian)
Analisis pada bengkel motor. Semakin tahun tantangan dan tekhnologi semakin berkembang, khususnya pada era tekhnologi tingkat kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi semakin berkembang, setiap individu bahkan banyak yang memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor akan tetapi setiap kendaraan mempunyai umur dan harus service untuk memastikan kelayakan dan kenyamanan. Banyak masyarakat yang cenderung enggan dan malas ke bengkel servis dengan alasan malas antri hingga faktor harga juga jadi pertimbangan sehingga faktor keamanan dan kenyamanan sedikit tidak dihiraukan padahal kendaraan bermotor sudah menjadi alat kedua yang paling dibutuhkan setiap hari setelah handphone. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengetahui tingat kepuasan pelanggan servis terhadap fasilitas dan pelayanan servis motor.
TINJAUAN TEORI
TINJAUAN EMPIRIS
1.
Oliver 2001, Kepuasan adalah tingkat kepuasan seseorang setelah membandingkan kinerja yang dirasakanya dengan yang diharapkan
1.
Ahmad Muzakki, Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap minat beli konsumen
Hasil: Terdapat pengaruh signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependent
2.
Kotler 1988, Kepuasan adalah interaksi antara kepuasan dan harapan.
2.
Munica Apriani, Pengaruh fasilitas, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap minat mereferensikan. Hasil: Adanya pengaruh signifikan dari kualitas pelayanan, terhadap minat mereferensikan.
3.
Junaidi 2002, Kepuasan adalah tingkat yang diterima melebihi dari yang diharapkan
3.
Eka Yuliani, Analisis pengaruh kualitas pelayanan, nilai dan kepuasan konsumen pada minat beli.
Hasil: Secara statistik pengorbanan berpengaruh signifikan terhadap nilai. Dimana konsumen mengharapkan nilai yang dikeluarkan sebanding dengan yang didapatkan.
4.
Kotler 1999, Minat beli adalah hasil dari proses evaluasi yang membuat seseorang menentukan pilihan berdasarkan harga ataupun minat
4.
Dst
Dst
Landasan teori Penelitian terdahulu
GAP
Pada dasarnya setiap konsumen akan menilai laik tidaknya suatu pelayanan ketika sudah membeli. Semakin baik fasilitas dan pelayanan akan membuat pelanggan melakukanya dua kali, bahkan lebih. Oleh karena itu semakin baik tingkan fasilitas dan pelayanan akan turut membuat tingkat kepuasan meningkat.
RUMUSAN MASALAH
1. Apakah Variabel kepuasan berpengaruh terhadap fasilitas dan minat beli?
2. Apakah terdapat pengaruh Variabel fasilitas dan kepuasan terhadap minat beli?
DATA
Pendekatan Penelitian
Kuantitatif
Populasi/Sampel
Pembeli
Obyek Penelitian
Bengkel Motor
Jenis Data
Kuantitatif
Unit Analisis
Observasi, Kuisioner, Wawancara
Teknik Analisis
Uji kualitas data, Uji validitas, Uji reliabilitas, Analisis regresi linier berganda, Uji Normalitas, Uji asumsi klasik
MATRIK PENELITIAN TERDAHULU
No.
Judul Artikel dan Sumber Jurnal
Tujuan penelitian
Variabel penelitian
Sampel, Pengumpulan data, dan metode analisis
Hasil Penelitian
1.
Analisis pengaruh fasilitas, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap minat mereferensikan. (Analisis pelanggan cuci sepeda motor)
Munica Apriani,
Tujuan peneliti tersebut untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel fasilitas, kualitas, kepuasan pelanggan terhadap minat mereferensikan.
Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Minat Mereferensikan
Seluruh konsumen pada cuci motor yang diambil beberapa melalui sampel. Metode probably sampling dimana semua elemen dari populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel.
Hasil: Adanya pengaruh signifikan dari kualitas pelayanan, terhadap minat mereferensikan
2.
Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap minat beli konsumen (Analisis jasa levi auto)
Ahmad Muzakki,
Sebagai alat analisis untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, lokasi, harga, fasilitas terhadap minat beli ulang
Minat Beli Ulang, Kualitas Pelayanan, Lokasi Harga, Fasilitas
Seluruh konsumen levi auto yang diambil beberapa melalui sampel.
Metode non probably sampling dimana tidak semua elemen dari populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel
Hasil: Terdapat pengaruh signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependent
3.
Analisis pengaruh kualitas pelayanan, nilai dan kepuasan konsumen pada minat beli.
Eka Yuliani,
Sebagai alat analisis untuk mengetahui besaran pengaruh nilai, kualitas pelayanan terhadap kepuasan
Nilai, Kepuasan, Kualitas Pelayanan
Seluruh konsumen yang diambil beberapa melalui sampel.
Metode non probably sampling dimana tidak semua elemen dari populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel
Hasil: Secara statistik pengorbanan berpengaruh signifikan terhadap nilai. Dimana konsumen mengharapkan nilai yang dikeluarkan sebanding dengan yang didapatkan.
FINDING THE GAP
Terdapat pengaruh signifikan antara fasilitas, kualitas pelayanan, nilai terhadap kepuasan, minat beli dan mereferensikan. Sehingga dari matriks penelitian terdahulu dapat disimpulkan bahwa setiap unsur variabel memiliki pengaruh terhadap minat beli kembali. Misalnya semakin baik fasilitas, kualitas pelayanan tingkat kepuasan konsumen akan meningkat yang akan menimbulkan minat mereferensikan. Karena pada dasarnya setiap konsumen akan mengharapkan nilai yang dia keluarkan sebanding dengan apa yang mereke dapatkan.
Nama
: Rizki Mochammad Suhariadi
NIM
: 01215090
TUJUAN DAN FENOMENA (nb.bukantujuanpeneltian)
Analisis pada bengkel motor. Semakin tahun tantangan dan tekhnologi semakin berkembang, khususnya pada era tekhnologi tingkat kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi semakin berkembang, setiap individu bahkan banyak yang memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor akan tetapi setiap kendaraan mempunyai umur dan harus service untuk memastikan kelayakan dan kenyamanan. Banyak masyarakat yang cenderung enggan dan malas ke bengkel servis dengan alasan malas antri hingga faktor harga juga jadi pertimbangan sehingga faktor keamanan dan kenyamanan sedikit tidak dihiraukan padahal kendaraan bermotor sudah menjadi alat kedua yang paling dibutuhkan setiap hari setelah handphone. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengetahui tingat kepuasan pelanggan servis terhadap fasilitas dan pelayanan servis motor.
TINJAUAN TEORI
TINJAUAN EMPIRIS
1.
Oliver 2001, Kepuasan adalah tingkat kepuasan seseorang setelah membandingkan kinerja yang dirasakanya dengan yang diharapkan
1.
Ahmad Muzakki, Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap minat beli konsumen
Hasil: Terdapat pengaruh signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependent
2.
Kotler 1988, Kepuasan adalah interaksi antara kepuasan dan harapan.
2.
Munica Apriani, Pengaruh fasilitas, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap minat mereferensikan. Hasil: Adanya pengaruh signifikan dari kualitas pelayanan, terhadap minat mereferensikan.
3.
Junaidi 2002, Kepuasan adalah tingkat yang diterima melebihi dari yang diharapkan
3.
Eka Yuliani, Analisis pengaruh kualitas pelayanan, nilai dan kepuasan konsumen pada minat beli.
Hasil: Secara statistik pengorbanan berpengaruh signifikan terhadap nilai. Dimana konsumen mengharapkan nilai yang dikeluarkan sebanding dengan yang didapatkan.
4.
Kotler 1999, Minat beli adalah hasil dari proses evaluasi yang membuat seseorang menentukan pilihan berdasarkan harga ataupun minat
4.
Dst
Dst
Landasan teori Penelitian terdahulu
GAP
Pada dasarnya setiap konsumen akan menilai laik tidaknya suatu pelayanan ketika sudah membeli. Semakin baik fasilitas dan pelayanan akan membuat pelanggan melakukanya dua kali, bahkan lebih. Oleh karena itu semakin baik tingkan fasilitas dan pelayanan akan turut membuat tingkat kepuasan meningkat.
RUMUSAN MASALAH
1. Apakah Variabel kepuasan berpengaruh terhadap fasilitas dan minat beli?
2. Apakah terdapat pengaruh Variabel fasilitas dan kepuasan terhadap minat beli?
DATA
Pendekatan Penelitian
Kuantitatif
Populasi/Sampel
Pembeli
Obyek Penelitian
Bengkel Motor
Jenis Data
Kuantitatif
Unit Analisis
Observasi, Kuisioner, Wawancara
Teknik Analisis
Uji kualitas data, Uji validitas, Uji reliabilitas, Analisis regresi linier berganda, Uji Normalitas, Uji asumsi klasik
MATRIK PENELITIAN TERDAHULU
No.
Judul Artikel dan Sumber Jurnal
Tujuan penelitian
Variabel penelitian
Sampel, Pengumpulan data, dan metode analisis
Hasil Penelitian
1.
Analisis pengaruh fasilitas, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap minat mereferensikan. (Analisis pelanggan cuci sepeda motor)
Munica Apriani,
Tujuan peneliti tersebut untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel fasilitas, kualitas, kepuasan pelanggan terhadap minat mereferensikan.
Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Minat Mereferensikan
Seluruh konsumen pada cuci motor yang diambil beberapa melalui sampel. Metode probably sampling dimana semua elemen dari populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel.
Hasil: Adanya pengaruh signifikan dari kualitas pelayanan, terhadap minat mereferensikan
2.
Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap minat beli konsumen (Analisis jasa levi auto)
Ahmad Muzakki,
Sebagai alat analisis untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, lokasi, harga, fasilitas terhadap minat beli ulang
Minat Beli Ulang, Kualitas Pelayanan, Lokasi Harga, Fasilitas
Seluruh konsumen levi auto yang diambil beberapa melalui sampel.
Metode non probably sampling dimana tidak semua elemen dari populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel
Hasil: Terdapat pengaruh signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependent
3.
Analisis pengaruh kualitas pelayanan, nilai dan kepuasan konsumen pada minat beli.
Eka Yuliani,
Sebagai alat analisis untuk mengetahui besaran pengaruh nilai, kualitas pelayanan terhadap kepuasan
Nilai, Kepuasan, Kualitas Pelayanan
Seluruh konsumen yang diambil beberapa melalui sampel.
Metode non probably sampling dimana tidak semua elemen dari populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel
Hasil: Secara statistik pengorbanan berpengaruh signifikan terhadap nilai. Dimana konsumen mengharapkan nilai yang dikeluarkan sebanding dengan yang didapatkan.
FINDING THE GAP
Terdapat pengaruh signifikan antara fasilitas, kualitas pelayanan, nilai terhadap kepuasan, minat beli dan mereferensikan. Sehingga dari matriks penelitian terdahulu dapat disimpulkan bahwa setiap unsur variabel memiliki pengaruh terhadap minat beli kembali. Misalnya semakin baik fasilitas, kualitas pelayanan tingkat kepuasan konsumen akan meningkat yang akan menimbulkan minat mereferensikan. Karena pada dasarnya setiap konsumen akan mengharapkan nilai yang dia keluarkan sebanding dengan apa yang mereke dapatkan.
Komentar
Posting Komentar